Rabu, 25 Desember 2013

5 Manfaat Cabai yang Cukup Aneh



Cabai adalah tanaman yang termasuk ke dalam keluarga tanaman Solanaceae. Tanaman yang berbuah pedas ini digunakan sebagai bumbu masakan di seluruh dunia.

Cabai mengandung senyawa kimia yang dinamakan Capsaicin. Apabila cabai dimakan, senyawa-senyawa Capsaicinoids berikatan dengan reseptor nyeri di mulut dan kerongkongan sehingga menyebabkan rasa pedas. Tapi, meskipun rasanya pedas cabai memiliki banyak manfaat loh untuk kesehatan.

Tapi kali ini ada sedikit informasi ni tentang manfaat cabai yang bisa dibilang cukup aneh. Mau tahu apa seperti apa? Berikut penjelasannya..

1. Mengatasi gangguan pencernaan

Mungkin agak membingungkan, karena sebagian orang menganggap cabai merupakan penyebab sakit perut. Namun, sebenarnya senyawa Capsaicin yang terdapat di dalam cabai bermanfaat untuk mengurangi keluhan pada perut.

2. Menurunkan berat badan

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa Capsaicin mampu menurunkan berat badan pada orang yang menderita obesitas. Pada saat kamu makan makanan pedas, tubuh akan membakar lemak, karena tubuh menjadi panas. Panas yang dihasilkan oleh ras pedas tersebut akan meningkatkan metabolisme, dengan begitu berarti tubuh akan membutuhkan banyak kalori dan hasilnya akan membuat tubuh lebih kurus.

3. Penghangat

Jangan makan cabai secara langsung! Tapi kamu bisa tambahkan cabai kedalam mie rebus atau masakan lainnya agar membuat badan lebih hangat. Cabai memberikan sensasi pedas sekaligus panas, oleh karena itu cabai cocok dinikmati saat cuaca dingin menyerang.

4. Penangkal semut

Untuk menangkal semut, caranya cukup mudah. Kamu bisa tuangkan cairan cabai di tempat dimana semut suka datang atau bersarang dirumah kamu.

5. Sebagai Dekongestan

Dekongestan adalah jenis obat yang biasa digunakan untuk hidung tersumbat. Jika kamu sedang mengalami hidung tersumbat karena flu, kamu bisa menyantap makanan pedas agar hidung kamu kembali lega.

Demikian ulasan tentang manfaat cabai yang telah dirangkum oleh palingseru.com.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Kita Muda