Rabu, 25 Desember 2013

9 Tanda bahwa diet yang dijalani gagal



Mempunyai bentuk tubuh yang ideal merupakan idaman setiap orang. Oleh karena itu kebanyakan orang termasuk Anda melakukan diet demi mencapai berat badan yang diidamkan.

Hal ini terkadang membuat Anda menutup mata bahwa diet yang dijalani sebenarnya tidak sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena hal pertama yang ingin Anda capai adalah berat badan ideal. Sementara tentang masalah kesehatan, Anda cenderung mengabaikannya. Padahal hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan serius.

Berikut adalah tanda bahwa diet yang Anda jalani membahayakan kesehatan tubuh seperti dilansir dari huffingtonpost.com.

Kerontokan rambut
Seluruh organ tubuh akan berfungsi dengan baik apabila kebutuhan nutrisi tercukupi. Namun apabila Anda mengalami malnutrisi atau kekurangan nutrisi terutama protein dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan akhirnya mudah rontok. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet yang rendah akan protein, asam lemak esensial dan nutrisi lain seperti vitamin C, seng, dan zat besi dapat membuat rambut jadi mudah rontok.

Penuaan dini
Penuaan memang tidak dapat dihindari oleh semua orang. Namun apabila diet Anda kurang akan nutrisi seperti vitamin A, C, D, dan E akan membuat Anda mengalami penuaan dini sebab vitamin tersebut mengandung karotenoid, tocophernols, dan flavonoid.

Masalah kesehatan gigi dan mulut
Tanda-tanda lain dari diet yang kurang akan nutrisi adalah Anda akan mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut seperti pendarahan gusi, gigi, dan nyeri mulut. Sementara diet yang tinggi akan gula akan meningkatkan resiko karies gigi.

Berat badan naik dan turun secara cepat
Naik dan turunnya berat badan secara cepat atau yang dikenal dengan istilah diet yoyo adalah salah satu tanda bahwa diet yang Anda jalankan gagal. Hal ini malah akan merusak metabolisme tubuh.

Penurunan fungsi otak
Tanda lain dari penurunan fungsi otak adalah Anda mengalami susah konsentrasi. Hal ini menandakan bahwa diet yang Anda jalankan adalah diet yang kurang akan asam lemak omega 3.

Masalah pencernaan
Masalah pencernaan biasanya terjadi apabila Anda kurang mengonsumsi serat. Serat mempunyai beberapa fungsi penting seperti mempertahankan rasa kenyang, memperlambat penyerapan nutrisi di usus kecil, serta menghasilkan kotoran yang sehat. Dalam sehari pria disarankan untuk mengonsumsi 38 gram serat sementara wanita disarankan untuk mengonsumsi 25 gram serat.

Lamanya proses penyembuhan luka
Agar luka Anda cepat sembuh, Anda memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Dampak buruk dari diet adalah Anda mengalami proses penyembuhan luka yang lama terutama apabila diet Anda kurang akan asupan kalori dan protein.

Sistem kekebalan tubuh terganggu
Asupan nutrisi dan gizi yang buruk dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh serta memicu munculnya penyakit dan infeksi. Sebuah penelitian menunjukkan mereka yang kekurangan akan vitamin A, C, E, zinc, selenium, zat besi, dan asam folat akan rentan akan gangguan penyakit.

Mudah merasa lelah
Energi menjadi salah satu indikator terbaik dalam mengontrol apakah diet yang Anda jalankan sehat atau tidak. Diet yang buruk akan membuat Anda mudah merasa lelah dan lemah.

Itulah tanda-tanda bahwa diet yang Anda jalankan gagal atau membahayakan tubuh Anda. Oleh karena itu coba Anda pikirkan lagi apakah diet yang telah Anda jalankan ini sehat atau tidak. Apabila tidak sehat, segera ganti pola diet Anda dengan yang lebih sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Kita Muda