Rabu, 25 Desember 2013

Ini Dia Perbedaan Radio AM dan FM



Kamu suka mendengarkan radio? Perhatikan deh stasiun radio favorit kamu pasti kebanyakan disiarkan melalui saluran FM. Meski demikian, masih ada juga yang disiarkan melalui saluran AM. Apa sih sebenarnya beda saluran FM dan AM ini? Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing?

Sebelumnya kita lihat sedikit bagaimana siaran radio ini dipancarkan. Konsep dasarnya adalah mentransmisikan suara yang disiarkan dari stasiun radio ke berbagai orang yang ada di seluruh penjuru kota. Tentu saja suara tersebut tidak bisa langsung sampai ke telinga kita semua. Untuk itu, perlu bantuan sarana lain agar suara tersebut bisa tersebar dengan jangkauan lebih luas. Dalam siaran radio, gelombang suara dari siaran tadi ditransmisikan dengan bantuan gelombang radio frekuensi tinggi supaya dapat menjangkau lebih luas. Gelombang suara tersebut menumpang ke gelombang radio lain itu (disebut juga gelombang pembawa atau carrier) dan mengubah-ubah komponen gelombang pembawa tersebut sesuai dengan pola gelombang suaranya, atau istilah kerennya adalah modulasi. Gelombang yang sudah termodulasi itulah yang ditransmisikan dari pemancar radio hingga sampai ke perangkat penerima sinyal radio di rumah kita. Perangkat radio itu kemudian mengambil komponen gelombang suaranya saja dan memainkannya sehingga dapat didengar oleh telinga kita.

Nah, modulasi lah yang menjadi karakter utama pembeda radio AM dan FM. AM merupakan singkatan dari amplitude modulation. Ini artinya, radio AM menggunakan konsep modulasi amplitudo, di mana gelombang suara akan memodulasi amplitudo dari gelombang pembawanya. Amplitudo sendiri adalah jarak antara nilai maksimum dan nilai minimum suatu gelombang, atau gampangnya adalah tinggi gelombang. Sementara FM sendiri merupakan singkatan dari frequency modulation menggunakan modulasi frekuensi, dimana gelombang suara akan memodulasi frekuensi gelombang pembawanya.

Lalu mengapa kini radio banyak menggunakan saluran FM daripada AM? Ternyata, radio FM memiliki kualitas suara yang lebih baik daripada radio AM. Selain itu, gelombang radio FM lebih tahan terhadap cuaca buruk, tidak seperti gelombang radio AM yang cukup rentan. Meski demikian, ternyata jangkauan dari gelombang radio FM tidaklah sejauh jangkauan gelombang radio AM. Supaya dapat menjangkau lebih luas, pemancar radio FM harus diletakkan di tempat yang tinggi. Itulah mengapa menara pemancar radio dibuat sangat tinggi (sains.me).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Kita Muda