Rabu, 25 Desember 2013

Tahukah Kamu Kenapa Ketika Tidur Perut Tidak Lapar



Kadang kita sering merasakan lapar pada malam hari, namun kadang juga kita malas untuk makan. Tindakan yang sering kita lakukan jika mengalami lapar pada malam hari yaitu tidur. Nah, tahukah kamu kenapa ketika tidur perut tidak lapar ? kenapa rasa lapar itu hilang setelah bangun dari tidur ?

Hal ini yang menjadi salah satu pertanyaan yang terlintas dibenak pikiran kita. Menurut hasil penelitian dari sebuah studi yang terdapat pada Jurnal Neuroscience mengtakan bahwa kejadian lapar yang hilang ketika kita tidur ini terjadi karena adanya syaraf dalam usus yang bertugas memberi sinyal kenyang ke otak.

Nah, syaraf inilah yang bekerja berulang – ulang setiap putaran jam. Ketika pada malam hari syaraf tubuh kita akan berada pada periode responsif , yang kemudian syaraf ini akan mengirim sinyal kenyang diotak, nah itulah akibatnya hanya sedikit makanan yang dapat diterima tubuh dan kita tidak merasa lapar.

Seiring bekerjanya sistem syaraf dalam waktu 24 jam, syaraf inilah yang bertugas sebagai koordinator tubuh yang menentukan bisa tidaknya tubuh menerima makanan sesuai asupan energi yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, banyak penelitian mengungkapkan bahwa tidur ketia tidur rasa lapar itu hilang seketika. Seperti hasil penelitian Tim peneliti dari Universitas Adelaide mereka melakukan uji coba dengan menggunakan seekor tikus.

Seorang peneliti dalam Laboratorium Penelitian Syaraf Usus di Universitas Adelaide mengatakan “Saat pergantiaan hari menuju periode yang diasosiasikan untuk tidur, syaraf di perut itu lebih sensitif meregang. Ia mengirim sinyal kenyang ke otak lebih cepat, sehingga asupan makanan dibatasi,” ujar Dr. Stephen Kentish (palingseru.com).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Kita Muda